Kelas Online dan Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Bagi Dosen

Kelas pengajaran online sangat berbeda jika kalian pernah mengajar di kelas sebelumnya. Instruksi perencanaan untuk kursus online harus dimulai beberapa bulan sebelum kelas dijadwalkan untuk dimulai. Mengajar serta belajar online semua membutuhkan waktu. Situs web kursus yang digunakan akan membutuhkan waktu untuk membangun dan menguji. Juga, perencanaan lanjutan diperlukan jika kalian ingin menggunakan program seperti PowerPoint, Centra atau mengembangkan ruang obrolan online. Dibutuhkan banyak membiasakan diri karena sebagian besar, tidak ada interaksi tatap muka secara langsung untan membangun ekosistem digital menuju cyber university. Guru harus mengalami perubahan besar dalam teknik pengajaran yang semuanya membutuhkan banyak kesabaran.

Ketika kalian mulai merencanakan pengajaran semester kalian, tanyakan kepada sekolah atau institusi untuk melihat apakah mereka memiliki lokakarya pengajaran online. Beberapa sekolah bahkan mungkin memiliki program sertifikasi online untuk dapat mengajar online. Tidak setiap sekolah memilikinya, tetapi workshop ini dirancang untuk membantu kalian mempelajari sumber daya dan teknologi berbeda yang dapat kalian pilih untuk digunakan. Pastikan juga secara fisik kalian mampu melakukan banyak membaca, menulis, dan mengajar di layar komputer.

Teliti berbagai program perangkat lunak yang kalian butuhkan dan ingin kalian gunakan agar kalian siap datang ke kelas. Program-program seperti Blackboard, Adobe Presenter, Centra dan Scholar semuanya menawarkan tutorial dan teknik berbeda untuk mengajar apa pun yang terdiri dari multimedia, presentasi, dan hal-hal sederhana seperti komunikasi. Seintuitif hal-hal ini untuk digunakan, setiap program memiliki kebiasaannya dan jika kalian mengetahui program tersebut atau terbiasa dengan bagaimana itu harus digunakan, itu akan berguna jika dan ketika kalian atau seorang siswa mengalami kesulitan teknis Karena kalian sebagai instruktur akan menjadi orang utama penghubung, jika masalah teknis muncul, siswa kemungkinan akan mendatangi kalian terlebih dahulu. Pastikan kalian memiliki informasi kontak yang berguna dari tim dukungan teknis yang ditawarkan sekolah untuk menghemat waktu kalian dan siswa. kalian bertanggung jawab atas pendidikan mereka, bukan masalah komputer mereka.

Ketika kelas siap untuk memulai, perkenalkan diri kalian kepada siswa kalian dan berikan kepada mereka nomor kontak yang sesuai serta informasi kontak untuk layanan teknis. Sebagian besar sekolah dan universitas daring menggunakan situs web yang disebut Papan Tulis yang memungkinkan kalian memposting semua informasi ini serta silabusnya. Aman untuk menaruh harapan para siswa di situs web ini, tetapi alamat harapan ketika kalian berbicara kepada siswa secara langsung juga; ini membantu mengurangi kemungkinan miskomunikasi.

Sekolah dapat memberi kalian pilihan untuk mengadakan ujian online atau dapat diambil di kelas. Sebagai seorang guru, kalian memiliki pilihan yang sama di kelas untuk dapat membuat ujian berapa lama atau sekeras yang kalian inginkan. Pengujian daring menawarkan banyak fleksibilitas tetapi butuh coba-coba untuk melihat mana yang paling cocok untuk kalian.

Jadikan pelajaran mudah bagi siswa untuk dipahami. Mereka tidak dapat mengajukan pertanyaan kepada kalian selama kuliah online kalian; jadi mencatat mungkin lebih sulit bagi mereka. Dengan mengatur materi kalian sedemikian rupa sehingga memudahkan siswa untuk memahaminya, jangan membuatnya lebih mudah daripada yang kalian lakukan di kelas. Siswa di masa lalu berasumsi bahwa pembelajaran online adalah jalan keluar yang mudah karena sangat fleksibel dalam penjadwalan. Siswa akan berusaha menghubungi kalian tanpa henti dan akan menelepon dan mengirim email kepada kalian setiap hari. Bersiaplah untuk menjawab satu juta dan satu dari pertanyaan yang sama, tetapi bersabarlah karena kalian adalah guru mereka dan siap membantu mereka.

Comments